Selasa, 25 Januari 2011

William Harvey

Willian Harvey dan peradaran darah.



     Adalah orang pertama yang menunjukkan bahwa jantung memompa darah dan mengedarkannya kesuluruh tubuh melalui pembuluh2 arteri., masuk didalam pembuluh2 darah balik kejantung ke paru paru, kembali ki jantung dan beredar lagi seperti semula. Mungkin inilah penemuan tunggal yang terpenting dalanm bidang pengobatan ilmiah.
     Pada jaman Harvey kebanyakan dokter masih mengikuti ajaran2 Galen si orang Yunani, walaupun masih ada karya2 Vesalius dan ahli ahli anatomi lainnya. yang masih menggunakan cara 2lama versi dokter dokter Yunani saat itu. Menurut Galen ada dua jenis pembuluh darah didalam tubuh, pembuluh balik yang mengalirkan darah berwarna ungu, dan pembuluh2 darah arteri yang mengalirkan darah yang berwarna merah terang.  Kedua jenis pembuluh darah ini berpangkal di jantung. Galen mengatakan bahwa jantung adalah mesin pemanas bagi kedua jenis darah itu. Pembuluh-pembuluh darah balik dan pembuluh pembuluh darah arteri tidak berhubungan, dan kedua jenis darah itu terpisah pada pembuluh masing-masing, mengalir pulang balik dari jantung di seluruh tubuh.
Willian Harvey memasuki sekolah kedokteran di Padua pada tahun 1598. Dosennya telah mmenemukan katub-katub satu arah dalam pembuluh darah balik, yang kemudian membuktikan bahwa darah dalam pem,buluh darah balik hanya dapat mengalir bolak balik dalam satu pembuluh. Pendapat ini membuat Harvey berfikir dan mencari agar apa yang menjadi keinginannya bisa terwujud.




      Ketikan Harvey telah berada kembali di Inggris. dia dengan hati2 sekali membedah sebuah jantung orang, Harvey menyaksikan bahwa memang benar bahwa jantung itu adalah pompa darah satu arah, bukan alat pemanas seperti yang dianggapkan para dokter Yunani lainnya, Harveypun menemukan bahwa pembuluh-pembuluh arteri selalu mengalirkan darah dari jantung. Jantung jelas memompakan darah yang sama ke seluruh tubuh.. Pasti ada hubungan2 walupun terlalu kecil untuk dapat dilihat diantara pembuluh-pembuluh arteri dan pembuluh-pembuluh darah balik.
     Kesimpulan Harvey, teori Galen dan sejumlah para dokter Yunani adalah salah. Harvey menerbitkan hasil-hasil penelitiannya itu pada tahun 1628, pendapat dan teorinya itu telah mengundang banyak protes-protes keras dan kritikan2 dari para dokter di seluruh dunia. Namun akhirnya pada tahun 1657 ketika Harvey meninggal dunia, pendapat2nya itu bisa diterima oleh dokter dunia dan orang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar